Minggu, 11 Februari 2018

6 Hal "Aneh" yang Sering Terjadi Saat Sedang Menstruasi

Beberapa hal terjadi saat menstruasi, seperti kram dan perubahan emosional. Tapi tidak tahu ada hal unik dan aneh lainnya yang bisa terjadi saat menstruasi. Seperti dikutip Huffington Post, ini adalah perubahan aneh yang bisa terjadi saat siklus haid menstruasi.

1. Suara Anda berubah
Penelitian terbaru menemukan bahwa wanita mengalami perubahan selama menstruasi karena pengaruh hormonal dan salah satu perubahan terjadi pada pita suara. Penulis studi tersebut, Irena Pavela Banai, dari Universitas Zadar, mengatakan bahwa wanita pada umumnya tidak sadar, penyanyi profesional biasa lebih sadar akan perubahan ini.

2. Mulut dan rahang sakit
Ada kalanya perubahan hormon saat menstruasi juga menimbulkan masalah di daerah lisan, seperti radang gusi dan gigi sensitif. Bengkak atau bengkak bahkan bisa menyebar ke rahang. Menurut Klinik Cleveland, wanita yang mengonsumsi pil KB mungkin juga mengalami nyeri di sendi temporomandibular (TMJ, untuk akronimnya dalam bahasa Inggris).

3. Lebih peka tentang rasa sakit
Apakah Anda pernah merasakan bahwa selama periode tubuh Anda menjadi sakit dan rasa sakit yang Anda derita tak tertahankan lagi? Bahkan sedikit Anda dimanjakan dan Anda merasa benar-benar sakit, tapi tidak sebelumnya. Ternyata, ini juga merupakan efek samping dari menstruasi, tubuh Anda menjadi peka terhadap rasa sakit fisik.

4. Pencernaannya kacau
Tidak hanya bengkak dan sulit dipukul, Anda juga akan mengalami sulitnya buang air besar atau bahkan diare akut. Itu karena bahan kimia yang dibutuhkan tubuh untuk berkontraksi dan melepaskan lapisan di rahim menyebabkan kontraksi perut. Hormon yang memicu sembelit muncul karena hormon progesteron menurun saat menstruasi.

5. Terabaikan
Mungkin Anda tidak menduga bahwa ternyata tindakan yang membuat Anda menghantam sudut meja, tersandung kaki Anda atau lupa memberi barang hasil yang akan ditimbulkan saat menstruasi. Anda menjadi ceroboh tanpa menyadarinya dan ini bisa dipicu oleh kelelahan yang berlebihan saat haid, kekurangan cairan yang membuat otak bekerja lebih lambat dalam hal menjaga keseimbangan.

6. Waktu tidur anda berubah
Seringkali, Anda juga akan mengalami insomnia karena mual, kram, dehidrasi dan tinggi dan rendah. Data dari National Sleep Foundation menemukan bahwa 23 persen wanita mengaku mengalami masalah tidur saat menstruasi.

Jadi, jika Anda juga merasakan hal-hal cara melancarkan haid ini selama menstruasi, itu wajar bagi wanita. Ternyata, ada banyak perubahan unik yang muncul selama menstruasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar